MENGAPA BLOGGING?

MENGAPA BLOGGING?


Apa yang akan kita kerjakan haruslah menjanjikan manfaat. Tanpa itu kita tidak akan melakukannya. Manfaat yang dimaksud bisa saja sangat serius sampai hanya sekedar membunuh waktu. Misalnya kita akan tidur. Bisa karena lelah setelah beraktivitas sepanjang hari atau karena sudah tidak ada pekerjaan lagi. Boleh juga dong tidur karena ingin lari dari masalah. Atau bahkan tidur untuk membunuh waktu. Intinya sekecil apapun alasan kita untuk melakukan sesuatu  menjadi pemicu kita untuk bertindak.

Sama halnya, ketika ingin membuat dan mengembangkan blog harus ada motivasi yang kuat melalui AMBAK. Apa Manfaatnya Bagi Ku. Sebuah pertanyaan yang familiar saat membaca buku Quantum Teaching-nya Bobbi Deporter & Mike Hernacki. Di dalam buku itu dituliskan bahwa segala sesuatu yang ingi Anda kerjakan harus menjanjikan suatu manfaat atau Anda tidak akan termotivasi untuk melakukannya. AMBAK tersebut kadang sangat jelas ada di benak kita, tetapi saat masih ragu-ragu maka kita perlu mencarinya, bahkan menciptakannya.

Bagi teman-teman yang sudah mendapatkan manfaat mengapa mau nge-blogging, bagian ini bisa dilewati atau justru malah perlu dicermati agar motivasinya bisa lebih kuat. Bagi yang dari awal tidak menganggap penting. Lupakan bagian ini. Tutup buku saja. Dan lakukan pekerjaan lain. (Tepuk jidat deh..).

Tentunya harapan saya tidak seperti itu. Motivasi bisa dibangkitkan, dicari, dan diciptakan. Oke.
Terpikirkan tidak oleh kita baik sebagai guru atau orang tua atau pemerhati pendidikan atau sebagai pengamat yang sekedar lewat bahwa banyak sekali konten multimedia baik berupa teks, gambar, video, audio dan paduan-paduanya begitu menjejali kita kapan saja dan di mana saja. Saat di perempatan jalan ada baliho besar yang berisi kontan yang sangat menggoda untuk diamati karena tulisannya yang menarik, berukuran besar, berwarna dan juga gambarnya yang menarik perhatian. Atau saat kita menonton film ditemukan efek-efek kamera atau animasi yang sangat dahsyat. Atau juga saat browsing lihat berbagai konten yang sangat bagus, memikat, lucu atau apapun yang membuat kita menonton/melihatnya.

Sekarang bayangkan konten-konten yang dihadapi anak-anak kita. Apakah memiliki buku-buku dengan konten yang menarik. LKS yang menggoda untuk dikerjakan. Ataukah bahan ajar mereka hanya sekedar ditumpuk saja dan dibuka saat ada PR gurunya. Siapakah yang salah? Apakah siswanya yang tidak memiliki motivasi belajar? Ataukah gurunya yang tidak bisa memberikan konten yang menarik? Ataukah menyalahkan buku/konten tersebut?

Interaktivitas menjadi salah satu daya tarik yang memungkinkan penulis blog berinteraksi dengan pengunjung baik melalui komentar dari postingan/tulisan yang diterbitkan maupun melalui buku tamu.

Berbagai alasan orang untuk ngeblog, diantaranya :

  1. Buat gaya-gayaan
  2. Menyalurkan hobi
  3. Ajang curhat
  4. Menambah penghasilan
  5. Sarana belajar
  6. Mengasah kemampuan
  7. Eksistensi
  8. Iseng

Setelah menemukan motivasi yang kuat untuk nge blog selanjutnya tentukan blog apa yang akan kita tulis. Berbagai tema blog misalnya tentang politik, pribadi, kesehatan, perjalanan, riset, olahraga, hukum, agama, pendidikan, hobi, bisnis, komunitas, dan masih banyak lagi.

Pembahasan dalam buku ini lebih difokuskan pada pengembangan blog untuk kepentingan pendidikan, yang secara singkat disebut dengan Edu Blog.  Dengan melalui blog edu ini diharapkan tercapai manfaat sebagai berikut :

  1. Mempermudah komunikasi guru
  2. Menumbuhkan tumbuhnya dialog
  3. Konten pembelajaran bervariasi
  4. Meningkatkan interaktivitas
  5. Meningkatkan kemampuan menulis
  6. Dsb


Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Categories

Name*


Message*

Blog Archive